Tutorial Laravel 5.3 - Cara Installasi atau Membuat Project

Hai kawan informasisa yang baik dan budiman (halah), yang sisa-sisa jangan dibuang. Kali ini saya akan berbagi informasi yang berjudul Tutorial Laravel 5.3 - Cara Installasi. Cara installnya nggak susah kok percaya deh, karena kepercayaan adalah kunci langgengnya sebuah hubungan yang nulis lagi baper.

Laravel merupakan sebuah framework untuk PHP dengan konsep MVC (Model View Controller) yang bisa digunakan untuk membangun website atau semacam web apalah-apalah (definisi sekenanya). Menurut saya dokumentasi dari laravel sudah lengkap untuk belajar, bisa dibuka disini.

Langsung kita mulai saja ya broh,..

A. Yang dibutuhkan sebelum Install Laravel

  • minimal menggunakan PHP 5.6.4 (untuk server PHP)
  • OpenSSL PHP Extension (apa ini saya blum paham)
  • PDO PHP Extension (mbuh ini apa ya)
  • Mbstring PHP Extension (bisa dimakan nggak)
  • Tokenizer PHP Extension (masih jomblo?)


hiraukan saja tulisan diatas,, karena saya juga nggak paham apa maksudnya.
saya cukup install XAMPP versi 7.0.8 kemudian install composer.

B. Tahapan Installasi
Ada beberapa cara untuk install Laravel 5.3 namun saya akan menjelaskan langkah langkah yang menurut saya gampang dan praktis seperti berikut.

  1. Buka "command-line" atau "command prompt" pada direktori/folder dimana kita akan membuat Project Baru.

    tahan tombol sift dan klik kanan pada direktori yang diinginkan (pada windows explorer).

    membuka command promt pada direktori
  2. Jalankan perintah berikut:

    composer create-project laravel/laravel --prefer-dist namaproject

    karena versi laravel 5.3 adalah versi laravel terbaru, maka cukup dengan perintah diatas.
    Tapi, kalo pengen install dengan versi spesifik dapat dengan perintah berikut

    composer create-project laravel/laravel="5.3.*" --prefer-dist namaproject

    mungkin sedikit lama untuk pertama kalinya, karena composer akan mendownload package laravel. ditunggu sambil bikin kopi, ato chatingan sama gebetan bolehlah.
  3. Mari kita test Project baru yang sudah dibuat:

    - masuk ke direktori project dengan perintah cd namaproject- jalankan perintah
    php artisan serve
     buka browser dan ketik "http://localhost:8000" , dan yeeayy installnya berhasil


Terimakasih sudah membaca, yuk berbagi infrmasi. Maafkan salah kata, masukan dari kawan-kawan saya tunggu ya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuka Chasing atau Penutup Monitor Samsung SyncMaster 793DF

Cara Menambah Build System Matlab pada Teks Editor Sublime Text